Langsung ke konten utama

PRASAKSI LABSCHOOL 2019

Nama saya Di Narra Sushmita Hananti dari kelas 7F SMP Labschool Jakarta. Di blog saya kali ini saya akan berbagi pengalaman saya selama menjalani kegiatan Prasaksi di SMP Labschool Jakarta.
Prasaksi merupakan kegiatan yang dilakukan sebelum kegiatan SAKSI yang sebenarnya berlangsung. Biasanya kegiatan ini dimulai sekitar seminggu sebelum kegiatan SAKSI. 
Tahun ini prasaksi dimulai dari hari jumat tanggal 24 januari 2019 sampai tanggal 31 januari 2019. sedangkan SAKSI sendiri akan dilaksanakan tanggal 1 Februari 2019 di Sangga Buana. dalam kegiatan Prasaksi ini, kita melatih mental dan fisik kita untuk keadaan dan situasi yang ekstrim di sangga buana. di kegiatan ini pula kita mempersiapkan perlengkapan dan kebutuhan selama SAKSI, seperti tongkat, vandel dan lain - lainya. 
Pada hari pertama prasaksi, kami diberi tahu lagu - lagu untuk SAKSI yang harus kita hafal, peraturan - peraturan selama SAKSI, keperluan kita selama SAKSI, kelompok SAKSI, KP (Kakak Pembimbing) kelompok kita, dan ketentuan - ketentuan yang harus diikuti untuk mengikuti kegiatan SAKSI. Selama kegiatan prasaksi ini, kiat dibimbing dan diaur oleh kakak senior / OSIS, MPK dan beberapa ROHIS. juga, selama kegiatan prasaksi ini, kami diwajibkan memakai nametag dan mengucapkan "siap saksi kak" kepada semua kakak OSIS, MPK dan ROHIS yang juga mengikuti kegiatan SAKSI. 
Pada hari kedua, kami semua harus datang ke sekolah jam 6 pagi untuk mengikuti kegiatan lari pagi. tapi lari pagi ini, tidak seperti lari pagi biasa. rute larinya memang sama, tapi kita harus lari 2 putaran. sesampainya kembali ke lapangan, kita harus berbaris kembali sesuai kelompok, dan kami belum diperbolehkan untuk minum. 
Kami baru diperbolehkan untuk minum setelah melakukan upacara pembukaan prasaksi. usai upacara, kami semua bubar untuk mengambil botol minum lalu pergi ke lapangan utama untuk melakukan senam gembira. setelah itu kita berkumpul dengan KP dan kelompok kita untuk membuat tongkat dan vandel. 
Saya mendapat bagian membuat tongkat. selama membuat tongkat, KP kami sesekali membantu kami, namun karena kp kami sedang berhalangan untuk melalukan ujian, jadi kami tidak banyak dibantu. 
Selama kegiatan, banyak kakak OSIS yang mencoba merebut nametag kami. bagi kami nametag itu adalah harga diri, oleh karena itu nametag kami tidak boleh dipegang sembarang orang. untungnya, saya memasukkan nametag saya kedalam baju saya dan saya menyelotip talinya ke baju saya, sehingga hampir tidak ada yang bisa mengambilnya kecuali saya :v 
Pada hari ketiga, kami melakukan lari pagi juga, dilanjutkan dengan upacara lalu latihan PBB dengan pasukan KOSTRAD. kami berlatih cara baris - berbaris dengan benar. setelah itu, kami diperbolehkan untuk beristirahat selama 30 menit. setelah istirahat, kami lanjut berlatih bernyanyi lagu KOSTRAD dan peraturan - peraturan makan komando. dan itu mengakhiri kegiatan prasaksi di hari ketiga. 
Tanggal 27 januari sampai tangal 31 januari memang masih dihitung sebagai prasaksi, namun kegiatan - kegiatan hanya ada pada 3 hari pertama. 
Nah,, kakalu tentang SAKSI, aku ceritakan di artikel selanjutnya ya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LABSCHOOL RUMAH KEDUAKU

LABSCHOOL RUMAH KEDUAKU Oleh : Di Narra Sushmita Hananti                                   Halo, namaku Di Narra Sushmita Hananti, bisa dipanggil Narra. Aku merupakan alumni dari SD Rawamangun 12 Pagi (Rawalas), yang terletak tepat di sebelah SMP Labschool, oleh karena itu banyak murid Rawalas yang bersekolah di SMP Labschool. Pada hari Senin, 16 Juli 2018 kemarin, atau lebih tepatnya sekitar 2 minggu yang lalu, aku memulai sekolah di Labschool. Tapi sebelum kami mulai belajar seperti hari – hari biasa, kami harus menjalani MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah selama kurang lebih 3 hari.   Senin 16 Juli 2018, Saya memasuki kelas saya yaitu kelas 7F. Pada hari itu saya belum mengenal siapapun selain murid – murid alumni Rawalas serta saudara saya yang ada di kelas yang berbeda. Oleh karena itu aku duduk bersebelahan dengan teman SD saya. Di hari itu kami diminta untuk berkumpul di lapangan utama untuk melaksanakan apel pagi bersama kakak kelas